Menormalkan Hidden File Dengan Attrib

Posting ini dibuat setelah menjawab pertanyan seorang teman dari "pesbuk". Lagi asyik main Mafia Wars, tiba-tiba ada yang manggil lewat menu chat facebook. Dia menanyakan cara menghilangkan atribut hidden pada file microsoft word (*.doc) miliknya. Solusi pertama sich, saya sarankan lihat dulu folder option nya, siapa tau bisa menghilangkan tanda centang pada atribut file-nya.




















Ternyata ga bisa, file *.doc nya pun tidak bisa digunakan. Bingung juga, tapi langsung ingat salah satu step pembersihan virus RontokBro yang dulu sempat populer di Windows OS. Untung aja catatan kecil masih tersimpan rapi di Laptop. Langsung aja saya kasih resep ini :
1. Buka command prompt. Caranya klik Start Menu -- Run -- ketik cmd lalu enter. Atau pada keyboard tekan tombol Windows + R.
2. Ingat2 lokasi file yg akan dinormalkan. Misalnya ada di Drive D:/Data/Skripsi, maka pada command promt ketik cd D:/Data/Skripsi
3. Ketik attrib –h –s –r /s /d kemudian enter

Keterangan :
- berarti meng-clear attribut
+ berarti mengeset attribut
h berarti hidden file
s berarti system file
r berarti read only file
/s berarti memproses sub folder
/d berarti memproses folder

Penyebab perubahan attribut ini biasanya disebabkan oleh seseorang yang iseng atau oleh virus. Walaupun virus sudah musnah oleh antivirus, tetapi efek yang disebabkannya tidak akan ikut berubah. Akhirnya bisa posting kembali setelah sibuk utak atik materi Chocofortuna dan Kiosbajutidur.

0 Response to "Menormalkan Hidden File Dengan Attrib"

Post a Comment